Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Burung Sogok ontong, kolibri kepala atau Wiceh burung jenis maduan ini biasa disebut di kalangan penghobi Burung. Biasanya Wiceh berkicau menjelang pagi hari atau siang hari di atas pohon-pohon yang tinggi.
Sogok ontong biasanya berbunyi dengan aneka laguan, seperti tembakannya yang khas dan juga laguannya berupa wwiiit cuit..cuit..wwiiit cuit..cuit..
Kolibri kelapa atau Sogok ontong
Sogok ontong merupakan jenis burung maduan dan pemakan serangga-serangga kecil di pepohonan, Sogok ontong biasanya mengkonsumsi madu atau sari bunga di pepohonan.

Sogok ontong rupanya juga banyak dilirik oleh kicau mania untuk digunakan sebagai burung masteran, cukup banyak juga penghobi kicau burung yang jagoannya sering menjuarai lomba burung dengan materi isian burung Sogok ontong yang cukup khas. Jika Anda mulai tertarik memelihara atau ingin mengkoleksi Sogok ontong di rumah untuk dijadikan klangenan atau masteran, tips perawatan ini bisa Anda jadikan referensi untuk memelihara burung maduan ini.

Perawatan harian burung Sogok ontong.

  1. Lakukan penjemuran setiap paginya selama 15 menitan.
  2. Beri ulat kandang sebanyak ½ sendok saja.
  3. Untuk kroto berikan 3 hari sekali saja dalam 1 minggu, jadi seminggu 2x.
  4. Sebagai pakan harian sediakan madu, susu kental atau air gula di dalam sangkarnya.
  5. Air putih atau air biasa juga harus selalu tersedia di dalam sangkarnya, sebagai air minum dan juga sekaligus untuk mandi burung.
  6. Selesai penjemuran, burung cukup diangin-anginkan atau digantang di tempat yang sejuk dan nyaman sampai sore dan malamnya sangakr burung bisa dikerodong.
Untuk serangga kecil sebisa mungkin selalu tersedia meskipun porsinya sedikit tidak apa-apa namun setiap hari selalu diberi serangga, sedangkan sebagai pengganti nektar berupa susu kental, madu atau air gula bisa diberikan selang-seling bergantian dan perhatikan mana yang paling disukai burung.

Jika Anda sudah memiliki burung ini, rawat dan beri pakan sebaik mungkin jangan sampai mati karena burung maduan ini juga termasuk burung jenis pembantu proses penyerbukan di alam bebas sehingga keberadaannya juga termasuk burung dilindungi oleh pemerintah.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top