Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Burung Cucak jenggot meskipun tidak setenar Cucak hijau namun penggemar burung yang masih berkerabat cukup dekat dengan Kutilang ini cukup banyak, apalagi semenjak
Cucak jenggot masuk dalam kelas lomba tersendiri. Semenjak masuk dalam kelas burung lomba, harga Cucak jenggot mengalami banyak peningkatan dan cukup melejit dibandingkan harga sebelumnya.
cucak jenggot
Cucak jenggot, sumber foto mediaronggolawe
Cucak jenggot memang memiliki suara kicauan yang terkesan monoton yaitu hanya berupa cerecetan dan besetan saja, namun dari beberapa kicau mania yang spesialis bermain Cucak jenggot memastikan jika burung Cucak jenggot juga bisa diisi dengan suara yang memiliki karakter sejenis seperti Burung Gereja, Love bird atau Cililin. Biasanya Cucak jenggot jika sudah memiliki banyak isian lagu akan memiliki harga yang cukup baik dibandingkan dengan burung dengan materi biasa saja/standar.

Memiliki Cucak jenggot dengan materi lagu bervariasi dan juga rajin berbunyi tentu menjadi idaman dan keinginan semua kicau mania. Namun apa jadinya jika sobat KM menemui burung Cucak jenggot yang sebelumnya rajin berbunyi namun tiba-tiba jadi berkurang bunyinya dan bahkan bisa menjadi macet bunyi.
Biasanya burung Cucak jenggot jika sudah macet bunyi atau jadi berkurang bunyinya maka burung  bisa jadi sedang mengalami masalah, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan Cucak jenggot jadi macet bunyi. 

Jadi sebelum kita mencoba mengobati Cucak jenggot yang macet bunyi, akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu penyebab Cucak jenggot jadi macet bunyi.
  • Burung dalam kondisi kurang sehat.
  • Mental burung dalam kondisi drop akibat kalah mental dari burung lain.
  • Burung dalam kondisi Over birahi.
  • Burung dalam keadaan sakit gangguan pernafasan, semisal sesak napas.
  • Burung dalam kondisi stress karena gangguan dari lingkungan seperti kucing, tikus atau hal lain yang membuat burung jadi takut dan stress.

Merawat dan menormalkan Cucak jenggot macet bunyi.

  1. Sementara hentikan terlebih dahulu rutinitas memandikan burung.
  2. Pemberian pakan berupa voer tetap diberikan, sedangkan buah berikan pakan buah-buahan yang lebih variatif semisal pisang, pepaya dan juga apel. Apel lebih baik buang terlebih dahulu biji-bijinya supaya aman dan tidak tertelan.
  3. Beri olesan madu pada buah yang diberikan pada Cucak jenggot.
  4. Pemberian EF tetap diberikan seperti jangkrik, ulat hongkong maupun ulat bambu.
  5. Kondisikan burung di tempat yang tenang dan sepi, jauhkan dengan burung sejenisnya.
  6. Memindahkan burung macet bunyi ke dalam sangkar yang lebih luas juga menjadi salah satu alternatif baik untuk membuat burung kembali pulih dan rajin berkicau.
Demikian mengenai tips dan cara merawat Cucak jenggot yang sedang macet bunyi supaya burung kembali normal dan pulih seperti sebelumnya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top