Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Setelah mencari sana-sini dan menyimpan rasa penasaran, akhirnya terjawab juga ternyata burung yang selama ini disebut burung Salakan oleh para penjual burung ternyata nama aslinya bernama burung Wergan Jawa.
 
Mengetahui literature burung Wergan Jawa admin dapat dari situs Wikipedia, burung Wergan Jawa merupakan spesies burung dari keluarga Timliidae dari genus Alcippe.
Wergan Jawa
Wergan Jawa merupakan burung pemakan serangga dan buah-buahan ketika hidup di alam bebas, Wergan Jawa menyukai habitat pinggiran hutan, pegunungan pada ketinggian 1.000 m Dpl.

Burung Wergan jawa bisa kita jumpai di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat dan Jawa Tengah, penjual burung biasa menjual burung Wergan Jawa dengan harga Rp. 20.000,- s/d Rp. 30.000,- cukup murah memang, karena bukan termasuk burung favorit.

Ciri burung Wergan Jawa.

Memiliki warna tubuh bagian atas coklat agak kemerahan seperti karat, sedangkan bagian kepala berwarna agak keabuan. Bagian dada sampai perut berwarna kuning tua, bagian tengah perut agak keputihan. Besar atau panjang tubuh burung Salakan/Wergan Jawa sekitar 14 cm jika diukur dari paruh hingga ekor.

Di alam bebas, wergan jawa biasa hidup dalam kelompok kecil. Selain hidup dalam kelompok-kelompok kecil Burung Wergan Jawa juga jarang berbaur dengan burung jenis lain.

Wergan jawa berkembang biak dengan bertelur, biasanya memiliki telur berjumlah 2 butir dengan warna telur merah jambu pucat dengan bintik dan coret merah. Wergan Jawa bisa berkembang biak sepanjang tahun kecuali pada bulan September saja.

Gambar dan artikel bersumber dari : wikipedia

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top