Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Burung cucak ijo atau populer disebut ijoan merupakan salah satu burung favorit baik untuk lomba atau untuk klangenan saja di rumah. Selain warna dan tingkah lakunya yang unik dan enak dipandang, kicauan Cucak Ijo juga bisa sangat bervariasi menirukan aneka suara burung lain.

Ada dua jenis ijoan yang cukup populer di kalangan Ijo Mania, yaitu Ijoan Banyuwangi dan Ijoan Kalimantan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

cucak hijau
Cucak hijau di alam bebas
Namun untuk memilih dan melihat Burung Cucak Ijo yang bagus rata-rata Ijo Mania senior lebih menekankan pada ciri fisik burung dan juga asal-muasal burung tersebut.

Memilih Ijoan yang bagus ?

Kemudian bagaimana cara memilih bahan Cucak Hijo yang bagus dan memiliki mental dan bakat juara untuk lomba ?. Menurut Ijo mania, ada beberapa cara untuk mengetahui seekor Burung Cucak Ijo memiliki mental yang bagus, yaitu sebagai berikut :
  1. Pilih Cucak Hijau dengan ciri postur tubuh panjang dan besar namun terlihat proporsional, dengan bagian kepala, leher, badan dan kaki terlihat seimbang.
  2. Pilih burung dengan paruh tebal dan besar, burung CI dengan ciri paruh seperti disebut konon memiliki suara dengan volume tajam.
  3. Pilih Ci dengan mata besar melotot, menonjol, kepala bulat, besar dan juga terlihat tebal. Ciri Cucak Ijo dengan kepala besar dan tebal menandakan burung bersifat cerdas dan mudah belajar.
  4. Bagian dada lebar dan gaha, bagian punggung melengkung, sayapnya mengepit rapat, kaki burung kokoh dan kuat mencengkeram.
  5. Perhatikan burung ketika bernafas, jika nafas tersengal-sengal dan berbunyi menandakan burung dalam kondisi kurang sehat. Pilih burung dengan ciri bulu rapih dan halus mlisik serta kotoran terlihat padat tidak cair atau berair.
Menurut Ijo mania yang sudah malang melintang dan berpengalaman dalam dunia Cucak Hijau, jika Anda akan membeli Ijoan berkualitas dari Banyuwangi maka pilihlah Ijoan Banyuwangi dari alas Purwo.

Sedangkan jika dari Kalimantan, pilih Ijoan Kalimantan yang berasal dari Berau. Jika Anda sudah mendapatkan Cucak Ijo berkualitas dan bermental juara, maka Anda tidak perlu repot melatihnya dan hanya tinggal merawat dengan baik serta memolesnya saja.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top