Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Selain karena kualitas burung, burung yang rajin bunyi juga bisa disebabkan oleh pakan dan pola perawatannya. Pola perawatan dan pakan yang konsisten tidak berubah-ubah dipercaya akan membuat burung juga konsisten rajin bunyi. 


Pemberian pakan yang disukai burung dan berkualitas baik dari segi gizi dan vitaminnya akan sangat menentukan performa burung dalam kesehariannya.  
Beragam cara dilakukan oleh kicau mania termasuk trucukan mania demi memenuhi kebutuhan asupan gizi untuk burung trucukannya, salah satunya yaitu dengan membuat sendiri pakan racikan dari berbagai bahan-bahan pilihan.

Tapi bagaimana cara membuat pakan campuran berupa racikan berbagai bahan untuk burung trucukan ?. Berikut ini cara membuat pakan racikan trucukan lengkap dengan bahan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. Voer kasar/Scrumbel  1 kg
  2. Telur ayam 1 atau 2 butir.
  3. Jahe, Kunyit dan Kencur masing-masing sebesar kelingking kita.
  4. Madu 50 ml
  5. Tepung Jangkrik, dan jika ada biji Fumayin.
  6. Multivitamin burung/ayam 1 sendok makan.

Olah Jahe, kunyit dan kencurnya terlebih dahulu

  1. Parut halus bahan jahe, kunyit dan kencur kemudian masukkan paruhan ke dalam kain bersih dan rendam ke dalam air panas bersih selama 5 menit.
  2. Peras parutan rempah yang ada di dalam kain hingga airnya keluar dan dicampurkan ke dalam air panas bekas rendaman tadi.

Membuat pakan voer racikan

  1. Campurkan semua bahan di atas kemudianaduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata, berikan air secukupnya hingga adonan bahan menyatu sempurna “tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering”
  2. Bila bahan-bahan sudah tercampur sempurna, keringkan dengan cara dijemur atau disangrai di atas wajan dengan api kecil, hanya untuk mematangkan dan mengeringkan pakan voer tersebut saja.
  3. Setelah bahan terlihat kering dan tercampur rata saat disangrai, voer racikan bisa diangkat untuk didinginkan dan disimpan ke dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat.
Lebih baik jika Anda ingin membuat voer racikan ini, buatlah bersama teman Anda yang lain. Hasil pembuatan bisa dibagi 2 atau 3 orang.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top