Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Jenis burung apakah, burung kekeb babi ?. Sekilas memang terasa asing mendengar nama burung ini. Kekeb babi yang memiliki nama latin Artamus Leucorynchus merupakan spesies burung dari Family Artamidae dan berasal dari genus Artamus.
Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil seperti kumbang ataupun lebah-lebah kecil di alam bebas. 

Kekeb babi dewasa, di alam liar | Foto : wikipedia
Kekeb babi di alam liar menyukai habitat hidup pada daerah hutan sekunder seperti tegalan, pesisir, persawahan dan kebun-kebun. Selain hutan-hutan sekunder, Kekeb babi juga menyukai bangunan-bangunan tua yang tinggi sebagai sarang dan tempatnya hinggap bersama burung pasangannya. 

Diperlihara untuk dilatih

Berbeda halnya dengan burung jenis kicauan, Kekeb babi bukanlah merupakan jenis burung yang dipelihara untuk dinikmati kicauannya. Penggemar kekeb babi memelihara burung ini untuk dijadikan burung terlatih seperti Falconer atau burung Hantu, dengan cara dijinakkan Kekeb babi bisa diajak bermain-main dan melakukan berbagai atraksi dengan pemiliknya.

Cilacap free flight

CFF yang merupakan kepanjangan dari Cilacap Free Flight, berupa wadah organisasi kecil penggemar burung Kekeb babi di Kota Cilacap. Pagi tadi rupanya saya cukup beruntung, menjumpai beberapa remaja sedang bermain-main dengan burung Kekeb babi. 
Cilacap Free Flight
Burung dibiarkan bebas terbang berputar-putar, kemudian ketika peluit ditiup dan sang pemilik melambangkan tangan yang terbungkus sarung tangan berwarna. Maka burung Kekeb babi yang sudah terlatih tersebut segera hinggap di tangan pemiliknya mengikuti intruksi suara peluit yang ditiupkan pemiliknya.

Perlu penjinakkan untuk bisa dilatih

Bagaimana caranya memiliki Kekeb babi yang jinak dan bisa diajak bermain-main ?. Menurut salah satu pemilik burung Kekeb babi dari klub CFF, untuk bisa memiliki Kekeb babi yang atraktif dan jinak, kita harus merawatnya sedari piyikan/bayi. 
Kekeb babi di atas kandang
Biasanya burung sengaja dibeli ketika masih piyik berusia 1 mingguan, jadi memang perlu perawatan ekstra dari lolohan hingga melatih burung untuk loncat, terbang pendek dan terakhir adalah terbang bebas seperti yang saya jumpai pagi tadi.

Jadi burung-burung yang saya lihat terbang dan hinggap jinak tersebut menurut salah satu anggota CFF bukan merupakan burung liar yang sudah dewasa kemudian dijinakkan dan dilatih. Karena burung Kekeb babi dewasa dari alam bebas sudah hampir tidak mungkin untuk bisa jinak apalagi dilatih terbang dan hinggap di tangan.
Diberi warna supaya tidak tertukar saat Gathering denga npenggemar lainnya
Untuk memiliki burung kekeb babi yang jinak, terlatih dan atraktif, kita tetap harus merawatnya dari piyik lolohan. Sedangkan fase tersulit memelihara piyik Kekeb babi menurut mereka adalah saat meloloh piyikan-piyikan tersebut. 

Menurut Om Gareng, jika kita tergolong orang sibuk dan tidak bisa siap setiap saat meloloh piyik Kekeb babi sebaiknya jangan memelihara Kekeb babi dari piyikan, karena memelihara kekeb babi dari piyik membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk membesarkannya. 

Semoga bermanfaat

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top