Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Burung pentet atau cendet merupakan burung yang cukup cerdas dan bisa menirukan berbagai suara burung lainnya. Meskipun memiliki suara ciri khas cendet yang kurang enak didengar, namun cendet jika dimaster dengan suara-suara burung lain akan sangat menyenangkan untuk dipelihara di rumah.
 
Biasanya pentet atau cendet bisa dimaster dengan suara burung Lovebird, Cucak jenggot, Ciblek atau Jalak dan lain sebagainya. Selain merawat cendet dengan memaster menggunakan aneka suara masteran burung seperti saya sebutkan tadi, proses perawatan harian juga perlu Anda perhatikan supaya Cendet tetap berada dalam kondisi fit dan top perform sehingga tidak mudah drop ketika berada dalam perlombaan burung.
Cendet
Pakan pokok dan kesukaan burung cendet yaitu bisa berupa Voer kasar/besar, merk apa saja bebas asalkan kandungan protein dan gizi memenuhi. Sedangkan pakan tambahan sebagai ekstra fooding Anda bisa memberikan Jangkrik, Kroto ataupun Ulat Hongkong sebagai tambahan asupan protein hewani.

Cendet merupakan jenis burung yang galak, beberapa kawan Cendet mania biasa memberikan pakan berupa burung kecil seperti Emprit atau Pipit. Selain mau menyantap burung kecil-kecil, cendet juga bisa mematuk tangan kita ketika tangan kita mendekati atau akan memegang burung. Biasanya penyuka Cendet lebih menyukai memelihara burung Pentet dari piyikan karena mudah jinak dan tidak terlalu galak, selain itu memelihara Pentet dari anakan juga lebih mudah memaster burung dengan suara masteran lainnya.

Rawatan harian burung Cendet

  1. Keluarkan burung pagi hari sekitar pukul 06:30, biarkan burung sampai pukul 07:00 ketika udara mulai menghangat burung bisa dimandikan dengan cara disemprot dengan sprayer.
  2. Selesai penyemprotan, burung bisa diberikan pakan jangkrik sekitar 10 ekor dan kroto kira-kira 1 sendok makan. Lanjut dengan penjemuran hingga pukul 12:00 siang saja, selesai penjemuran burung bisa dianginkan di teras rumah kurang lebih 20 – 30 menit baru kemudian dikerodong kembali.
  3. Sore hari sekitar pukul 15:00, kerodong bisa dibuka kembali dan lakukan penjemuran kembali dilanjut dengan memandikan burung, selesai mandi burung bisa diberi pakan EF kembali berupa jangkrik 5 ekor dan kroto sebanyak 1 Sdm, lanjut dengan penjemuran hingga pukul 16:00.
  4. Selesai penjemuran sore, maka burung bisa kembali kita kerodong dan digantang di tempat yang tenang supaya burung beristirahat total.
  5. Metode perawatan burung Pentet di atas bisa Anda terapkan dari hari Senin s/d Kamis, sedangkan hari Jum’at dan Sabtu porsinya ditambah menjadi 15 ekor pagi sedangkan 7 ekor sore harinya, ditambah pemberian UH pada pagi dan sore hari sebanyak 3 ekor.
  6. Kemudian pada hari minggunya menjelang lomba, pakan Kroto dan Jangkrik porsinya tetap tetapi porsi UH menjadi 5 ekor.

Bagaimana perawatan Cendet setelah mabung ?

Jika burung dalam kondisi selesai mabung, usahakan Cendet jangan dihadapkan atau ditemukan dengan burung sejenisnya. Cendet dalam kondisi mabung atau setelah mabung masih dalam keadaan lemah dan mentalnya sedikit menurun, sehingga menjejerkan Cendet dengan Cendet lain berpotensi menurunkan mental burung tersebut.

Porsi makanan ekstra fooding diberikan tetap sesuai perawatan sehari-harinya, sedangkan perawatan dan asupan gizi perlu ditambah dan diintensifkan.

Untuk menjaga ingatan Cendet akan isian-isian lagu dari burung lain, maka kondisikan Pentet selalu tergantang dekat dengan burung-burung masteran lainnya supaya memori Cendet setelah mabung tidak hilang.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top