Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Menjadikan burung Pleci dari hasil membeli di ombyokan menjadi siap untuk dibawa lomba bukan sesuatu yang mustahil dan sulit, asalkan cara memilih bakalan bakalan di ombyokan benar dan harus benar-benar seekor burung jantan.

Burung pleci betina tidak bisa dijadikan burung lomba karena kicau dan bunyinya tidak banyak variasinya dibandingkan dengan pleci jantan. Jadi sewaktu pemilihan bakalan di ombyokan kita harus benar dan tidak salah pilih membeli Pleci jantan.

Pleci di alam bebas
Setelah mendapatkan burung Pleci di ombyokan yang jantan dan sesuai dengan yang kita harapkan, saatnya kita membawanya pulang dan merawatnya untuk dipersiapkan dibawa ke perlombaan burung Pleci, berikut ini enam langkah menyiapkan pleci ombyokan untuk lomba.
  1. Berikan makanan dan minuman yang bervitamin dan bergizi minimal sesuai dengan makanan Pleci ketika di alam bebas, Pleci bakalan tangkapan hutan masih rentan stress dengan lingkungan barunya sehingga perlu kita berikan pakan dengan vitamin yang baik untuk kesehatan Pleci.
  2. Mandikan rutin, pagi dan sore hari. Jika perlu intensitas mandi dijadikan tiga kali sehari yaitu pagi, sore dan malam hari dengan mandi malam.
  3. Satu bulan pertama, selain pakan voer yang kita berikan, pakan buah-buahan segar dan matang juga harus selalu ada dan selalu diganti setiap hari. Selain buah dan voer, sediakan juga madu yang bagus untuk melancarkan metabolisme pencernaan burung Pleci serta menjaga stamina burung.
  4. Setelah burung sudah mulai jinak, waktunya sahabat kicau193 mulai mempersiapkan pengaturan birahi burung untuk melatih persiapan menuju lomba. Selain itu, mulailah melatih burung untuk mandi sendiri dengan menyediakan dua buah cepuk air, satu ukuran kecil untuk minum dan satunya besar untuk mandi.
  5. Penjemuran harus tetap dan lebih rutin terjadwal, lakukan penjemuran selama satu jam pada pagi hari dan sore hari dengan cara berjejer satu dengan lainnya seperti berkoloni.
  6. Nah setelah selama tiga bulan melakukan lima langkah di atas, Sobat kicau193 waktunya mempersiapkan mental burung Pleci binaan Sobat. Melatih mental Pleci bisa dengan cara rutin membawanya ke latber-latber rutin seminggu sekali meskipun sementara sebagai penggembira atau sebagai penonton di pinggir gantangan juga tidak apa-apa supaya burung terbiasa dengan keramaian dan gantangan lomba.
Teman-teman Pleci mania biasa memberikan minuman kesehatan untuk burung pleci kesayangannya dengan diberi Vitamin burung sebagai penambah stamina dan kesehatan burung. Sedangkan untuk mengatur birahi burung Pleci, biasanya dengan cara mengatur pola pemberian pakan Ekstra Fooding berupa kroto atau ulat hongkong.

Untuk menurunkan birahi burung setelah lomba, atau ketika burung terlalu tinggi birahinya bisa dengan memberikan pakan mentimun atau ada juga yang memberinya minuman susu.

Melatih mental Pleci dari ombyokan untuk lomba memang melelahkan dan butuh ketelatenan serta kesabaran, jika ingin cepat dan tidak repot Sobat kicau193 bisa membeli Pleci jadi atau setengah jadi dan hanya cukup seting dan persiapan lomba saja namun harga lebih mahal. Silahkan dipilih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top