Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Burung emprit haji, burung kecil dengan kepala putih ini biasa disebut oleh orang Indonesia. Burung pipit yang hampir mirip dengan burung Peking ini memiliki kepala berwarna putih hingga lehernya, dengan warna badan coklat kemerahan hingga ekornya.
Dalam bahasa latin, Emprit Haji diberi nama Lonchura maja memiliki penyebaran di Semenanjung Malaya, Jawa, Bali, Sumatera dan pulau lain di sekitarnya.
Emprit haji
Jika masih muda, emprit haji berwarna coklat pada tubuh bagian atasnya, sedangkan bagian tubuh bawah berwarna kuning tua. Emprit haji memiliki iris mata berwarna coklat, bagian paruh abu kebiruan, kaki biru pucat. Sedangkan suaranya ketika bergerombol akan berbunyi puip…puip….puip…

Emprit haji menyukai daerah berupa rawa-rawa, persawahan serta tanaha perlapangan untuk memakan bebijian dan padi-padian.

Tingkah laku dan kebiasaan hidup Emprit haji hampir mirip dengan burung Peking, Emprit haji juga gemar hidup berkoloni ketika sedang musim panen untuk mencari makanan. Sedangkan pada musim kawin, emprit haji akan hidup memisah dari koloni menjadi pasangan betina dan jantan saja.

Biasanya ketika musim kawin dan bertelur, Emprit haji akan bertelur dengan jumlah telur 4 s/d 6 butir telur saja, dengan warna telur putih.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top