Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Penjemuran merupakan salah satu bentuk perawatan harian pada burung peliharaan yang tergolong wajib dan harus dilakukan jika kondisi sedang bersahabat.
Penjemuran selain bisa menghangatkan tubuh burung, penjemuran juga dipercaya mampu mempercantik bulu-bulu burung hingga terlihat mengkilap dan bersih.


pleci maput
Pleci kacamata sedang berjemur, sumber foto oriental white eye
Akan tetapi penjemuran juga harus diberikan terukur dan baik dengan porsi yang secukupnya, tidak boleh asal jemur hingga penjemuran dilakukan berjam-jam di bawah terik matahari yang sangat panas.

Adapun jam dan waktu yang paling baik dan tepat untuk menjemur burung yaitu pada pagi hari, waktu penjemuran dapat dilakukan mulai pukul 06:00 atau 06:30 pagi, pada waktu jam tersebut udara masih cukup sejuk namun sinar matahari sudah mulai nampak dan bersinar hangat.

Sedangkan durasi penjemuran juga perlu Sobat perhatian, penjemuran burung yang baik dan tepat tidak boleh melebihi dari 2 jam lamanya. Penjemuran maksimal dapat dilakukan hingga pukul 09:30 dan maksimal sampai pukul 10:00 pagi saja. Melebihi dari jam tersebut, matahari biasanya sudah lebih panas dan kurang baik untuk burung.

Penjemuran burung pada panas yang terlalu terik dan lama bisa berakibat burung menjadi dehidrasi, katarak mata, bulu menjadi kering, heat stroke dan juga bisa menjadikan burung justru serak karena lendir yang berlebihan pada tenggorokannya karena kepanasan karena penjemuran.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top