Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Saudara kita dari Tionghoa tentunya sudah tidak asing lagi dengan minuman berupa rendaman air bawang putih atau memakan mentah-mentah bawang putih. Bagi masyarakat Tionghoa, bawang putih dipercaya mampu menjaga dan memelihara kekebalan tubuh serta menghangatkan tubuh.

Nah bagaimana jika bawang putih juga bisa dimanfaatkan pada burung-burung kicauan di rumah, bawang putih memiliki beberapa manfaat berguna bagi burung kicauan jika pemberiannya diberikan secara terukur dan tidak berlebihan.
Khasiat dan manfaat bawang putih pada burung kicauan
Rasanya memang belum banyak yang mengetahui jika Bawang putih juga baik dan bermanfaat jika diberikan pada burung kicauan, karena selama ini bawang putih hanya diberikan pada unggas lain saja seperti burung perkutut, merpati, derkuku atau burung puter.

Bawang putih biasanya akan diberikan pada unggas-unggas tersebut menjelang musim hujan supaya burung tidak mudah sakit dan hangat.
Bawang putih segar.
Lantas bagaimana jika diberikan pada burung kicauan lain seperti burung kenari, gelatik atau burung ocehan lainnya. Berikut ini manfaat dan juga khasiat bawang putih untuk burung kicauan.

Manfaat bawang putih untuk burung kicauan.

Antibakteri.

Zat alisin yang terdapat pada bawang putih memiliki sifat antibakteri, beberapa bakteri yang dapat ditolak dengan asilin yaitu bakteri Salmonella, Escherichia, Streptococcus, Klebsiella, Bacillus dan lainnya.

Bawang putih bisa diberikan pada burung yang sedang mengalami gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri.

Anti jamur.

Selain memiliki khasiat anti bakteri, bawang putih juga bisa memiliki sifat anti jamur. Bawang putih mampu menghambat pembentukan mikotoksin, jadi bawang putih bisa digunakan untuk mencegah beberapa penyakit yang disebabkan karena jamur.

Anti parasit.

Dengan zat alisin yang terkandung di dalamnya, bawang putih cukup ampuh untuk mencegah beberapa jenis parasit yang bisa menyebabkan burung menjadi sakit.

Bersifat anti virus.

Bawang putih mampu meningkatkan kekebalan tubuh burung yang mengkonsumsinya, karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh burung menjadikan burung terlindungi dari seranggan virus dari unggas sakit di sekitarnya.

Mencegah dan mengobati flu pada burung.

Beberapa kicau mania atau penyuka burung merpati biasa menyuapkan atau menambahkan bawang putih sebagai asupan pakan pada burung kesayangannya menjelang musim pancaroba, dimana pada musim tersebut banyak menyebabkan terjangkitnya penyakit flu dan juga pilek baik pada manusia maupun hewan di sekitar kita.

Bisa menghangatkan tubuh.

Bawang putih sudah cukup lama dikenal bisa digunakan untuk membantu menghangatkan tubuh, baik pada hewan seperti burung maupun manusia.

Membantu mengobati luka.

Bawang putih sering juga digunakan untuk mengobati luka pada burung kicauan, biasanya bawang putih digunakan sebagai terapi dalam membantu supaya bulu ekor atau sayap burung kembali tumbuh.

Demikian, sedikit pengetahuan dari manfaat dan khasiat bawang putih bagi burung kicauan kesayangan kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua, ide artikel dari blog Om.Duto yaitu blog burung Omkicau dot com. Baca juga cara memberikan bawang putih pada burung kicauan.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top