Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Burung Cucak hijau kecil atau biasa disebut Cucak hijau mini merupakan salah satu spesies burung dari Keluarga Chloropseidae, Cucak hijau mini masih berkerabat dengan burung Cucak hijau dan juga Cucak ranting atau biasa disebut burung Mranti. Meski berukuran tubuh kecil, lebih kecil dari Cucak hijau namun Cucak hijau mini memiliki kicauan yang tidak kalah dari Cucak hijau besar.
Ijoan mini begitu di Jawa biasa menyebutnya, juga mampu menirukan aneka macam suara seperti kerabatnya burung Cucak hijau. Oleh karena itu, sehingga Ijoan mini juga banyak diburu kicau mania untuk dijadikan burung kicauan di rumah dan juga bisa juga dijadikan burung Masteran.


cucak hijau mini, ijoan mini
Burung Cucak hijau mini
Dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan Cucak Hijau, ijoan mini banyak dicari penyuka burung kicauan sejenis Cucak-cucakan. Namun demikian, memelihara Cucak hijau mini memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri yaitu burung dianggap sulit mau makan voer, tidak seperti kerabatnya Cucak hijau besar. Sehingga kita perlu dan harus melatih Cucak hijau mini supaya mau makan voer dengan sabar.

Keuntungan burung mau makan voer.

Keuntungan pemberian pakan Voer untuk burung kicauan seperti Cucak hijau mini yaitu, pemilik bisa lebih tenang ketika akan bepergian agak lama atau jika Anda merupakan pekerja kantoran yang berangkat pagi pulang malam, tentu jika burung sudah mau memakan Voer akan memberikan keuntungan tersendiri yang sangat menolong.

Pakan kering seperti Voer juga membantu burung dalam memenuhi kebutuhan tubuhnya akan nutrisi dan vitamin, dengan Voer burung juga dipercaya akan memiliki umur hidup yang lebih panjang dibandingkan mengandalkan pakan-pakan alami saja.

Bagaimana melatih Ijoan mini supaya mau makan voer ?

Keluhan tentang Ijoan mini yang sulit dilatih makan voer memang sering terdengar di kalangan kicau mania, memang melatih Cucak hijau mini untuk mau memakan voer memerlukan trik dan cara tersendiri apalagi jika burung sudah terlanjur dan terbiasa dengan pakan berupa kroto dan ulat-ulatan.

Karena Cucak hijau mini merupakan burung pemakan buah seperti pisang dan pepaya, maka untuk melatih Ijoan mini supaya ngevoer Anda dapat memanfaatkan kedua buah tersebut dengan cara di bawah ini :

  1. Potong kecil-kecil pisang atau pepaya, tentunya tanpa kulit dan bijinya.
  2. Letakkan potongan buah tersebut ke dalam cepuk wadah pakan Cucak hijau mini.
  3. Beri potongan buah tersebut voer halus kemudian basahi dengan air dan aduk voer dan buah agak tercampur merata.
  4. Letakkan potongan pisang yang belum tercampur voer dan benamkan potongan pisang atau pepaya tersebut setengah bagian ke dalam adonan, hal tersebut bertujuan supaya burung terpancing memakan adonan bersama potongan buah tersebut di dalam cepuk.
  5. Buat dan berikan adonan tersebut setiap hari.

Dalam masa terapi atau latihan tersebut, setiap dua hari sekali porsi voer bisa ditambahkan terus dan porsi buahnya justru kita kurangi. Dengan trik tersebut diharapkan dalam waktu seminggu, burung sudah bisa beradaptasi dengan bau, aroma dan juga rasa pakan kering Voer dan burung terbiasa memakannya.


Meskipun burung sudah mau mengkonsumsi Voer dalam kesehariannya, pakan lain berupa Buah-buahan dan serangga harus tetap diberikan, karena pakan tersebut sangat berpengaruh terhadap kegacoran burung sehari-hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top