Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Melihat burung kicau kesayangan yang sudah berumur dan kakinya terlihat bersisik tentu membuat risih dan kurang enak dilihat, sisik pada kaki burung jika didiamkan juga lama kelamaan akan menebal dan mengganggu aktivitas burung ketika bertengger.

Atau bahkan jika burung kesayangan Anda menggunakan ring pada kakinya, sisik yang menebal akan terjepit ring dan menjadikan burung jadi sakit kakinya. 

kaki burung
Kaki burung bersisik dan berjamur
Oleh karena itu, perlu perlakuan dan cara khusus untuk membersihkan sisik pada kaki burung, cara membersihkannya tentu harus ekstra hati-hati dan tidak asal kelupas karena bisa menjadikan burung jadi kesakitan dan stress.

Berikut ini cara membersihkan sisik pada kaki burung kicauan, dikutip dari media bnr.

  1. Sediakan air hangat dalam cepuk air secukupnya.
  2. Pegang burung dalam kondisi kaki di atas, pegang dengan erat namun burung tetap nyaman dan ingat jangan sampai terbang ya.he3x..
  3. Basahi kaki-kaki burung pada bagian sisiknya, cek dan perhatikan bagian sisik yang sudah lunak yang bisa dikelupas terlebih dahulu, bagian yang masih keras bisa kembali dibasahi sampai terlihat lunak.
  4. Kelupas pelan-pelan sisik demi sisik sambil dibasahi menggunakan air hangat.
  5. Setelah selesai pembersihan sisik-sisik tersebut, masukkan burung ke dalam keramba agar mandi dan menghilangkan/mengurangi rasa sakit dan stress.
  6. Sendirikan burung terlebih dahulu sambil menambah pakan EF supaya burung bisa benar-benar pulih seperti sediakala.
  7. Jika terlihat ada luka pada bagian kaki ketika proses pengelupasan sisik tersebut, ada baiknya bersihkan dan rendam kaki burung ke dalam cairan antiseptic seperti Revanoll yang banyak tersedia di apotik, atau gunakan antiseptic khusus burung seperti BIO Clean dan lain sebagainya untuk mencegah luka bertambah dan infeksi.
Demikian Sobat kicau, terkait trik dan cara membersihkan sisik pada kaki burung yang terus menebal. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk Sobat Kicaumania dimanapun berada.

Sumber gambar : smartmastering dot com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top