Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Krokot bagi masyarakat kita merupakan jenis tanaman gulma atau rumput-rumputan liar yang dianggap biasa-biasa saja, jaman dahulu Krokot biasa dijadikan pakan untuk Jangkrik aduan. Namun beberapa waktu ini, tanaman Krokot banyak dicari oleh penghobi burung untuk dijadikan pakan tambahan dan alternatif bagi burung kicauan seperti Kenari.
Kenari mania mempercayai daun dari tanaman Krokot mampu membuat suara Kenari lebih jernih dan memiliki durasi lebih panjang.
daun krokot, khasiat krokot
Daun Krokot
Krokot yang memiliki nama latin Portulaca oleracea merupakan tanaman liar yang bisa tumbuh di berbagai tempat dan lahan, Krokot bisa banyak kita jumpai di daerah-daerah beriklim tropis.

Di Indonesia Krokot selain dimanfaatkan sebagai pakan Jangkrik aduan, Krokot ada yang memanfaatkan sebagai obat-obatan alami dari tumbuhan. Krokot dipercaya bisa menjaga kebugaran tubuh kita jika kita memakannya atau meminum air rebusan daun krokot.

Krokot untuk pakan burung Kenari.

Belakangan ini membaca di berbagai forum dan media burung online, tanaman Krokot banyak dicari dan dimanfaatkan Kicau mania sebagai pakan untuk burung kenari. Kalangan kicau mania burung kenari meyakini dan mempercayai jika burung Kenari setelah diberi daun krokot suara dan durasi kicauan burung Kenari menjadi lebih jernih dan panjang. Karena hasilnya yang cukup positif menjadikan daun dari tanaman Krokot menjadi banyak dicari oleh penghobi burung Kenari.
burung kenari, canary
Burung Kenari
Kandungan vitamin dan zat yang berguna bagi tubuh pada daun Krokot rupanya cukup baik dan berguna bagi kesehatan, yaitu pada setiap 100 gram daun Krokot mengandung 225-300 mg asam linoleat dan juga Omega-3, dikutip dari blog omkicau. Jika kita merebus daun Krokot dan meminum air rebusannya, maka dalam secangkir air rebusan Krokot mengandung 90 mg Kalsium, 560 mg Kalium, 2000 IU Vit A dan berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan seperti asam amino.

Cara memberikan Krokot pada burung Kenari, sebagai pakan.

  • Beberapa Kenari mania ada yang memberikan daun Krokot dengan cara membersihkan terlebih dahulu daun Krokot kemudian menggantungnya saja di sangkar supaya dimakan seperti ketika kita memberikan pakan sayuran untuk kenari.
  • Cara lain bisa dengan menjemur daun Krokot hingga kering benar dan kemudian menggiling atau memblender daun Krokot kering supaya menjadi tepung untuk diberikan pada burung Kenari.
Hasil dari pemberian daun krokot untuk kenari ternyata tidak semua sama, ada sebagian Kenari mania yang mengatakan hasilnya signifikan namun ada juga yang mengantakan jika hasilnya belum terlihat setelah diberi Daun Krokot. 

Jika Sobat belum mencoba, tidak ada salahnya mencoba karena daun Krokot sangat mudah dicari, dan perlu diingat perawatan harian pada Kenari tetap menentukan hasil akhir secara keseluruhan. Semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top