Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Mengenal burung Sepah hutan atau ada yang menyebutnya burung Mantenan, mengutip dari wikipedia org. Burung mantenan atau Sepah Hutan merupakan burung yang masuk dalam spesies Campephagidae dari genus Pericrocotus, Sepah Hutan memiliki nama latin Pericrocotus Flammeus.

Sepah hutan merupakan burung pemakan serangga seperti jangkrik, kecoa kecil dan ulat-ulatan pada daun di habitat hutan primer dengan dataran rendah dan perbukitan.

sepah hutan, mantenan
Sepah hutan atau biasa disebut burung Mantenan
Sepah hutan dapat kita jumpai di negara-negara seputar Asia Tenggara, Cina, India, Malaysi, Filipina dan jika di Indonesia bisa kita dapati di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa – Bali dan Lombok.

Ciri burung Sepah Hutan.

Burung mantenan atau Sepah hutan memiliki panjang tubuh sekitar 19 cm, sedangkan ciri jantan dan betina cukup mudah kita bedakan dengan ciri sebagai berikut.
  • Sepah hutan jantan, berwarna hitam biru pada bagian dada perut berwarna merah, bagian Tungging sisi luar bulu ekor berwarna merah, bagian sayap terdapat warna bercak merah.
  • Sepah hutan betina, pada warna bagian punggung lebih keabuan-abuan dan bagian dada dan perut berwarna kuning melebar hingga tenggorokan, dagu, bagian telinga dan dahinya. Iris mata berwarna coklat, kemudian paruh dan kaki berwarna hitam.
Burung Mantenan atau Sepah hutan dalam kesehariannya di alam liar biasa hidup berpasangan atau bisa juga berkoloni, biasanya Sepah hutan memasuki musim kawin/berbiak pada sekita bula Mei s/d Juni.

Dengan sarang tempat menaruh telur berbentuk cawan dengan direkatkan menggunakan sarang laba-laba, ketinggian sarang biasanya diletakkan pada dahan yang tinggi.

Dalam berkembang biak, Sepah hutan bertelur sekitar 2 -3 butir dengan warna telur berwarna biru berbintik-bintik merah.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top