Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Membeli burung selain melihat kicauan, bentuk fisik burung dan kesehatannya, kita juga perlu melihat kerapihan dan warna dari bulu-bulu pada burung yang akan kita beli.
Demikian halnya dengan burung Pleci, ketika kita melihat warna bulu pada Pleci berwarna hijau mengkilap dan rapi tentu akan senang melihatnya.
pleci dakun maput
Pleci berbulu hijau kusam
Kerapihan dan warna bulu pada burung Pleci juga dipercaya membawa dampak psikologis pada diri burung tersebut, jika dianalogikan bulu seperti selembar baju pada burung. Jika bulu-bulu pada burung Pleci terlihat rapih dan berwarna hijau mengkilap tidak buram atau kusam maka burung akan lebih percaya diri ketika tampil diantara pleci-pleci lainnya apalagi Pleci betina.

Warna bulu pada burung pleci rumahan tentu tidak akan terlepas dari rawatan kita selaku pemilik pleci tersebut, jika kita asal-asalan dalam perawatan hariannya semisal pakan seenaknya gonta-ganti jenis pakan kering seperti voer atau penjemuran yang terlalu lama setiap harinya, maka bulu Pleci akan cepat rusak dan kusam.
Pleci masih berwarna hijau mengkilap
Lain halnya jika kita rajin memandikan burung, pakan teratur dan juga penjemuran tidak asal-asalan tentu burung akan terlihat rapih pada bulu-bulunya. Namun untuk lebih jelasnya akan dijelaskan pada uraian di bawah ini, bagaimana menjaga bulu Pleci supaya tidak berubah menjadi kusam warnanya.

Sebab warna bulu Pleci berubah jadi kusam.

Perubahan warna bulu bisa disebabkan beberapa faktor dari luar, sebagai berikut :
  • Voer sering berganti-ganti jenis dan merk.
  • Pakan yang diberikan hanya berupa pakan kering, buah-buahan sangat kurang.
  • Penjemuran terlalu lama dan sering dijemur berjam-jam dalam panas yang terik.
  • Jarang sekali dimandikan atau diberi cepuk besar untuk mandi.
  • Perubahan juga bisa disebabkan oleh keturunan.

Bagaimana menjaga supaya bulu Pleci tidak berubah warna dan menjadi kusam.

  1. Sebelum menjadi berubah warna, ada baiknya Sobat kicau mania bisa mencoba perawatan di bawah ini. Namun jika burung sudah terlanjur berwarna kusam tidak bisa berubah menjadi mengkilap lagi ya..he3x, jadi hanya menjaga burung yang masih mengkilap supaya tidak menjadi kusam.
  2. Hindari gonta-ganti merk voer secara mendadak dan langsung ganti tanpa pencampuran voer baru dengan lama terlebih dahulu.
  3. Berikan buah-buahan secara berkala, semisal 2 s/d 3 kali dalam seminggu, buah bisa pisang, tomat, apel, jeruk dan lain sebagainya.
  4. Coba berikan EF lain seperti tepung daging atau tepun udang alami.
  5. Penjemuran cukup sampai dengan pukul 10:00 pagi saja, jangan lebih dari itu, hal tersebut juga sambil melihat kondisi teriknya matahari.
  6. Rutin mandikan burung menggunakan sampo khusus burung, atau jika tidak ada sampo burung bisa juga menggunakan sampo bayi sedikit saja, supaya parasit dan jamur pada bulu bisa berkurang atau hilang.
  7. Vitamin burung, pemberian vitamin-vitamin yang dicampur dalam pakan burung juga bisa Anda berikan namun tetap terkontrol dan jangan berlebihan sehingga bisa menjaga kondisi kesehatan burung dan ikut mempercantik warna pada bulu Pleci.
Demikian artikel mengenai penyebab dan pencegahan supaya burung Pleci warna bulunya tidak berubah jadi buram dan kusam, selamat mencoba dan semoga bermanfaat juga. Salam kicau

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top