Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Sayuran gambas atau oyong selain biasa dikonsumsi oleh manusia untuk sekedar direbus atau dibikin sayur, Oyong juga biasa diberikan pada burung kenari sebagai pakan tambahan. Pagi ini Admin mencoba
memberikan buah gambas/oyong pada Pleci kesayangan karena kehabisan buah pisang dan pepaya,  dan ternyata hasilnya cukup menggembirakan, burung terlihat sangat menyukai dan baru beberapa jam gambas sudah terlihat termakan hampir separuhnya.
pakan pleci, pakan burung
Gambas atau Oyong
Tentu ketika kita memberikan buah dan pakan pada burung kesayangan akan lebih baik jika kita juga mengetahui manfaat dari sisi kesehatan dan nilai kandungan gizi bagi burung, sehingga apa yang kita berikan pada burung bisa berguna dan bermanfaat positif.

Menelisik dan mencari informasi manfaat dari buah gambas atau oyong, ternyata manfaat dan kegunaannya bagi manusia atau hewan yang memakannya cukup baik dan mengandung banyak gizi. Berikut ini manfaat dari memakan buah oyong atau gambas.

Melancarkan peredaran darah.

Oyong dipercaya mampu melancarkan peredaran darah bagi tubuh, jadi jika dimakan Pleci juga mampu membantu metabolisme dan peredaran darah burung.

Menyembuhkan penyakit nafas asma.

Oyong mentah yang dijus bisa untuk menyembuhkan penyakit asma dan pernafasan, jadi dengan oyong gangguan pernafasan burung bisa disembuhkan jika rutin diberikan.

Bisa menyembuhkan cacingan.

Cacingan dipercaya bukan hanya terjadi pada manusia, hewan dan burung pun juga berpotensi terkena cacingan, dengan memakan oyong potensi terserang cacing pencernaan pada burung bisa dikurangi.

Radang tenggorokan.

Buah oyong juga berkhasiat memyembuhkan sakit radang tenggorokan pada burung Pleci.

Selain manfaat-manfaat di atas, dalam setiap 100 gram buah oyong terdapat  kandungan vitamin yang berguna untuk tubuh sebagai berikut : 1.09 g protein, 17 mg calcium,1.6 mg iron, 5.6 lU vitamin A, 7 mg vitamin C.

Jadi tidak ada salahnya untuk rutin juga memberikan buah oyong atau gambas pada burung sebagai pakan buah-buahan pengganti buah lain seperti pisang, apel atau pepaya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top