Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Membeli burung Pleci kecial dari bahan ombyokan biasanya cenderung masih giras dan takut ketika kita dekati, untuk membuat Kecial lombok lebih tenang dan tidak giras diperlukan beberapa waktu untuk melatihnya dengan terapi penjinakkan.

Pleci kecial lombok memiliki penampilan dan suara yang berbeda dibanding jenis burung kacamata lainnya. Dengan ukuran tubuh yang lebih besar dan juga suara nada call yang terdengar lebih cempreng keras seperti anak ayam, tentu terdengar berbeda dibandingkan dengan burung kacamata lainnya.
Kecial lombok, burung kacamat berbodi besar
Demikian halnya dalam hal perawatan harian dan juga pakan, Pleci kecial lombok dengan ukuran tubuh yang lebih besar harus diberikan pakan yang porsinya lebih besar juga dibanding jenis Pleci lainnya. Sedangkan jika Anda memiliki burung Kecial lombok yang masih giras, silahkan dicoba cara penjinakkannya di bawah ini :

Perawatan kecial lombok agar cepat jinak

  1. Dalam pengembunan pagi, lepas cepuk pakan dan juga minumnya.
  2. Setelah pengembunan, semprot burung dengan sprayer sampai basah kuyup.
  3. Pada kondisi basah tersebut, ulurkan UH putih atau jangkrik kecil yang sudah dibersihkan kaki-kakinya menggunakan lidi panjang.
  4. Dengan mencopot pakan dan minuman saat penjemuran, diharapkan burung menjadi lapar dan mau menyambar pakan yang diberikan oleh kita menggunakan lidi tersebut.
  5. Jika menggunakan lidi panjang, burung sudah mau menyambar pakan yang kita ulurkan, coba perpendek lidi tersebut setiap harinya hingga kita bisa langsung memberikan pakan tersebut menggunakan tangan kita langsung.
  6. Jika burung sudah mau menyambar pakan dari tangan kita langsung, tandanya burung sudah lebih jinak dan tidak takut lagi dengan kita “manusia”.

Coba lakukan dengan sabar dan konsisten, biasanya tidak sampai memakan waktu 3 minggu, perilaku giras pada burung Kecial lombok sudah agak menurun dan burung sudah mulai tenang dan tidak takut dengan kita.

Ingat, kesabaran dan ketekunan adalah kunci dari hasil yang optimal juga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top