Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Tahukah Anda jika air hujan yang turun tidak selamanya harus dihindari oleh burung peliharaan kita. Jika kita amati lebih seksama, ketika air hujan sedang turun dengan derasnya disertai dengan gemericik air, burung-burung justru terlihat berkicau dengan riangnya.
Hujan dengan suara gemricik air dan suasana sejuknya memang dianggap bisa menjadi pengobat stress pada burung kicauan. Jadi apa sajakah sebenarnya manfaat dan kegunaan hujan untuk burung kicauan di rumah ?

Burung mandi di tengah gerimis hujan
Beberapa manfaat menghujankan dan membiarkan burung terkena air hujan sembari mendengarkan suara gemericik airnya :
  1. Burung merasakan sejuknya guyuran air alami dari hujan, sehingga memperlancar peredaran darah dan metabolisme pada tubuh burung.
  2. Melatih burung mandi sendiri langsung dari guyuran air hujan.
  3. Mengurangi tingat stress pada burung.
  4. Dengan dihujankan, ada yang menganggap bisa mendongkrak birahi burung yang akan ditangkarkan.

Meskipun berbagai manfaat baik bisa didapatkan dari membiarkan burung berhujan-hujanan, tetapi untuk menghujankan burung di bawah guyuran air hujan harus juga memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Bukan hujan yang lebat.

Jangan asal memandikan burung di bawah air hujan yang lebat, pilihlah hujan yang sedang atau gerimis rapat saja. Selain itu, hujan yang disarankan untuk memandikan burung adalah hujan yang turun pada pagi hingga hampir siang saja.
Hujan terlalu lebat tidak disarankan digunakan untuk memandikan burung
Hujan yang turun dari siang hingga sore hari kurang baik untuk memandikan burung, karena hujan pada siang hingga sore sudah banyak mengandung asam yang bisa menyebabkan burung justru sakit.
Jangan terlalu lama memandikan burung dibawah guyuran air hujan, cukup 10 hingga 20 menit saja sudah cukup dan tidak boleh lebih dari itu.

Cara memandikan burung dengan dihujankan saat hujan turun.

  • Gunakan sangkar lain, untuk memandikan burung dengan cara dihujankan saat hujan turun, menggunakan sangkar harian dikhawatirkan bisa merusak sangkar harian tersebut.
  • Akan lebih baik lagi saat memandikan burung dibawah guyuran air hujan menggunakan sangkar keramba yang biasa untuk mandi burung.
  • Memandikan burung dengan dihujankan juga bisa dilakukan menggunakan sangkar umbaran yang besar, sehingga burung bisa juga menikmati guyuran air dan kebebasan terbang di dalam sangkar yang lebar.

Perlu juga Sobat ketahui, beberapa jenis burung yang sangat menyukai dimandikan dengan cara dihujan-hujankan adalah burung poksay, branjangan, Pleci, trucukan, kutilang, beo, jalak-jalakan dan kacer. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top