Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Selain melalui perilaku, membedakan jenis kelamin burung kenari dapat juga kita lakukan dengan cara mengamati ciri fisik burung kenari.
Meskipun sudah terlalu sering dibahas tentang cara dan trik membedakan kenari jantan dan betina, tapi artikel ini semoga bisa lebih membantu pemula calon penghobi burung kenari yang ingin memiliki sepasang burung kenari.
Kenari jantan
Memang jika Anda membeli kenari untuk tujuan dinikmati suara kicauannya, maka belilah yang jantan. Sedangkan jika Anda ingin beternak kenari atau ingin membuat kenari jantan Anda semakin gacor, membeli burung betina adalah sebuah pilihan yang tepat atau benar.

Tapi, memang ada tapinya..hehehe, memilih burung kenari jantan atau betina bukan perihal yang gampang, apalagi untuk yang masih awam. Secara kasat mata, burung kenari jantan dan betina hampir sama bentuk maupun warnanya.

Jika Anda ingin belajar membedakan jenis kelamin burung kenari memalui ciri-ciri fisik, silahkan mencoba  referensi ini tentang membedakan kenari jantan dan betina berdasarkan pengamatan fisik di bawah ini.

Ciri fisik kenari jantan dan betina

Cara ini bisa dilakukan lebih mudah jika burung kenari yang akan Anda beli sudah berumur lebih dari 7 bulan. Karena pada umur tersebut, burung sudah memasuki usia dewasa, dimana organ-organ reproduksi burung sudah terbentuk dan siap bereproduksi.

Berikut ini ciri-ciri fisik burung kenari yang jantan dan betina.

  • Burung jantan, umumnya berpostur lebih ramping, panjang dan jika berdiri cenderung tegak dan gagah.
  • Burung kenari betina, bagian kepalanya kecil dan badannya pendek membulat.
  • Seperti burung lain pada umumnya, burung kenari jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan berwarna lebih tajam mengkilap.
Pada usia siap reproduksi, perbedaan burung jantan dan betina akan semakin kentara, diantaranya :
  • Burung jantan terlihat lebih agresif dan sering meloloh dengan paruhnya pada burung betina.
  • Jika sudah memasuki masa birahi, kenari betina biasanya mulai terlihat mencari-cari kotoran seperti akan membuat sarang, dan ketika burung sudah siap kawin, biasanya burung akan sering menunduk dengan sayap bergetar sambil berbunyi iitiiir..iiittiiiir....demikian seterusnya.
  • Pada kondisi tersebut burung betina tandanya sudah siap dijodohkan dan jika Anda sediakan sarang biasanya burung akan bertelur meskipun telurnya tidak akan menetas karena belum terjadi pembuahan pada burung betina.
    Bentuk kloaka kenari, kiri jantan dan kanan betina foto oleh omkicau.com
Agar lebih jelas, membedakan burung kenari jantan dan betina, Anda dapat menangkap burung tersebut dan perhatikan bagian kloaka burung, cara ini tergolong akurat dan tepat. Selamat mencoba.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top