Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Berbagai jenis minuman untuk Pleci berupa nektar buatan banyak yang dibuat oleh Pleci mania di berbagai daerah, racikan-racikan nektar tersebut biasanya dibuat dengan cara bereksperimen dan coba-coba. 

Namun demikian, ekseperimen dan coba-coba tersebut tidak dilakukan dengan cara yang asal saja, tetapi dengan hati-hati dan tetap memperhatikan aspek keselamatan burung Pleci
nektar racikan, nektar buatan, nektar pleci
Pleci maput
Seperti halnya nektar buatan berbahan dasar bawang putih ini, minuman nektar buatan untuk Pleci ini sudah dicobakan pada beberapa ekor burung Pleci dan aman tidak berbahaya.

Tetapi pada percobaannya, tidak semua burung bisa langsung menerima efek dari nektar buatan ini, ada yang langsung terlihat efeknya dan ada juga yang bertahap kemajuannya. Jadi tidak semua Pleci akan langsung terlihat efeknya setelah diberi minuman nektar buatan ini.

Racikan nektar buatan untuk Pleci ini, admin dapatkan referensinya dari grup facebook KPN yang ditulis oleh Om. Saeb Gaul. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini :

Bahan membuat nektar buatan untuk Pleci

  • Bawang putih 1 siung.
  • Jeruk nipis 2 buah.
  • Gula merah, dengan ukuran sebesar tutup botol 3 buah.
  • Madu rasa atau syukur ada madu murni sebanyak 4 Sdk.

Cara membuat nektar buatan untuk Pleci

  1. Bersihkan dan kupas bawang putih kemudian digeprek.
  2. Iris tipis-tipis gula merah supaya mudah larut dalam air panas, kemudian masukkan gula merah bersama bawang putih ke dalam panci berisi air bersih sebanyak 2 gelas ukuran 300ml.
  3. Aduk hingga merata dan larut semua, terutama gula merahnya hingga mendidih.
  4. Kemudian angkat rebusan gula merah dan geprekan bawang putih, kemudian masukkan air perasan jeruk nipis bersama 4 sendok madu tersebut.
  5. Aduk supaya merata semua bahan, kemudian dinginkan dan saring supaya ampas bahan-bahannya tidak ikut diberikan pada burung Pleci. 

Cara pemberian pada Pleci

  • Jika Pleci masuk dalam kategori bahan yang baru dibeli dari ombyokan, pemberian bisa setiap hari setelah penjemuran dalam porsi 1 cepuk kecil saja.
  • Jika burung sudah jadi atau sudah ngeriwik halus atau kasar, porsi pemberian 1 cepuk kecil seminggua 3 kali saja.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top