Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Memelihara Pleci dari masih piyik lolohan memang merepotkan dan membutuhkan cara merawat yang agak sabar dan telaten, karena kita harus ekstra sabar dalam menjaga burung lolohan yang sebentar-bentar bunyi ciap-ciap meminta makan.

Bayangkan saja, burung lolohan biasanya setiap berapa jam sekali pasti ciap-ciap sambil mangap minta makan. Jika terlambat dan salah perawatan, burung yang masih piyik lolohan justru bisa mati dan kita tidak akan mendapatkan apa-apa selain rasa kecewa.
Pleci umur masih beberapa hari, masih merah
Jadi jika Anda termasuk orang yang sibuk bekerja dan jarang di rumah, tetapi ingin memiliki Pleci bakalan dari lolohan. Maka sediakanlah seorang assisten untuk menjaga menyuapi burung Pleci piyikan tersebut. Hehehe...

Tapi bagaimana dan apa makanan untuk Pleci yang masih lolohan supaya sehat dan tumbuh baik ketika dewasa ?. Berikut ini ulasannya

Perawatan harian Pleci dari lolohan

  1. Buatkan bubur voer, dicampur/diberi kroto bersih yang putih dan bagian dalam perut jangkrik. Aduk dengan air hangat supaya merata.
  2. Berikan pakan bubur voer dengan campuran tersebut setiap 2 jam sekali, cara pemberian tersebut bisa jadi hingga burung berumur 2 bulanan. Meskipun pada usia 1 bulan Pleci anakan sudah bisa berjalan sendiri, tetapi masih tetap harus diloloh.
    Pleci umur 1 s/d 2 bulanan
  3. Pada umur 2 bulanan ke atas, burung sudah mulai bisa makan sendiri dan pada burung jantan biasanya sudah mulai bisa/mau ngeriwik pelan. Itulah keunggulan memelihara Pleci dari piyik masih lolohan.
  4. Jadi pada usia 2 hingga 6bulan, pembentukan masteran atau isian merupakan waktu yang efektif dan tepat karena burung dalam masa belajar dan tumbuh.
  5. Pemain Pleci yang sudah berpengalaman, biasanya menyediakan ruangan khusus untuk memaster Pleci anakan yang berusia 2 hingga 6 bulan tersebut dengan mengkondisikan burung tidak mendengar suara dari Pleci lainnya.

Perawatan Pleci piyik masih lolohan memang terkesan merepotkan, tetapi jika Anda melihat hasilnya, tentu kerepotan yang dilalui selama merawat akan terbayar dengan hasil yang memuaskan dan sesuai.

Karena memelihara burung apapun, termasuk Pleci jika dipelihara dari lolohan biasanya akan lebih mudah dibentuk isi laguannya dan juga burung cenderung lebih jinak dan familiar dengan lingkungan manusia.

Saran pemberian pakan pada pleci lolohan

Berikan full pakan ekstra fooding pada usia 1 hingga 3 bulan, dan setelah itu pakan ef mulai dikurangi porsinya, karena Pleci pada usia 3 bulan ke atas mudah sekali OB jika terlalu banyak EF hewani.

Spesial thanks untuk : Om. Waskito dari Josterops Jogja, untuk pinjaman dokumen fotonya.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top