Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Tanaman bunga selain dimanfaatkan sebagai hiasan di halaman rumah, bunga pada tanaman hias juga baik pemanfaatannya untuk pakan burung sebagai pakan tambahan pada beberapa jenis burung peliharaan.

Seperti halnya bunga sepatu, bunga ini jika kita amati sering dihisap nektarnya oleh burung-burung penghisap madu. Ada juga burung liar lainnya yang sering terlihat menghisap nektar pada bunga sepatu, seperti burung pleci, burung finch dan juga burung-burung paruh bengkok.
Kembang sepatu
Burung-burung seperti paruh bengkok, kenari dan finch selain menghisap nektar pada bunga sepatu, burung-burung tersebut juga terlihat menggigit dan memakan kelopak bunga pada bunga sepatu. Dikarenakan pengamatan tersebut akhirnya banyak juga kicau mania yang menjadikan bunga dari tanaman hias dijadikan pakan tambahan pada burung peliharaan, seperti bunga sepatu salah satunya.

Bunga sepatu dengan nama latin Hibiscus sabdariffa tergolong tanaman hias yang mudah kita temui di Indonesia. Tanaman hias tersebut tergolong mudah sekali ditanam dalam kondisi tanah apapun, termasuk ditanam pada ruangan yang jarang terkena sinar matahari.

Bagi burung-burung paruh bengkok seperti Parrot, kelopak pada bunga sepatu merupakan makanan kesukaan mereka ketika di alam liar. Sehingga pemberian bunga sepatu pada burung paruh bengkok juga bisa dilakukan di dalam sangkar peliharaan . 

Kandungan vitamin pada kelopak bunga sepatu tergolong bisa dimanfaatkan untuk asupan vitamin tambahan yang murah bagi burung paruh bengkok. Kandungan vitamin tersebut antara lain berupa Vit C, Protein dan Asam amino.

Sedangkan kandungan nutrisi yang terdapat pada bunga sepatu adalah sebagai berikut ini : lemak, Protein, Karbohidrat, Serat, Kadar Abu, Kalsium, Fosfor, besi, Beta Karoten, Vit B1, B2, B3 dan seperti disebutkan di atas yaitu Vit C.
Manfaatnya untuk burung apa ?, berikut ini manfaat bunga sepatu pada burung paruh bengkok.

  1. Menambah level HDL atau lemak ramah.
  2. Menambah stamina burung.
  3. Mencegah kerusakan sel karena sel radikal bebas yang berbahaya.
  4. Membantu pemulihan burung yang sedang drop.
  5. Bisa digunakan sebagai pencegah burung cacingan.
  6. Bisa menambah kekebalan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  7. Mengatasi burung yang lesu dan kurang nafsu makannya.

Berikan bunga sepatu dengan cara utuhan, berikan dalam bentuk utuh tidak perlu disobek-sobek. Biarkan bunga sepatu disobek dan dimakan oleh burung parruh bengkok dengan caranya sendiri, gantung bunga segar di dalam sangkarnya atau bisa juga diletakkan di dalam cepuk pakannya.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top