Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Tahukah Anda bahwa ternyata Tahu selain disukai oleh manusia, Tahu juga baik dan bisa diberikan pada burung peliharaan di rumah.

Makanan berbahan dasar berupa endapan perasan biji kedelai ini merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Tetapi karena ada beberapa varian tahu di pasaran seperti tahu putih, tahu goreng dan tahu kuning. Tahu putih lah yang paling cocok untuk diberikan pada burung peliharaan, karena tahu putih dibuat tanpa zat pewarna tambahan, jadi aman dikonsumsi oleh burung.
Tahu putih
Tahu yang berbahan dasar kedelai menjadikan makanan tersebut menjadi makanan yang kaya protein tetapi rendah kalori. Seperti kita ketahui juga, bahwa pakan-pakan kering berupa voer burung dan ayam juga mengandung bahan berupa kedelai. Jadi memang tahu yang juga terbuat dari kedelai baik untuk dikonsumsi burung peliharaan di rumah. Berikut ini manfaat pemberian tahu putih untuk burung peliharaan.

Pemanfaatan tahu putih untuk binatang peliharaan sebenarnya sudah lama dilakukan, selain pada burung, tahu putih juga bisa diberikan pada ikan hias ataupun ternak unggas dan lainnya. Kini tahu putih juga mulai dilirik oleh kicau mania untuk membantu menambah asupan gizi pada burung kicauannya di rumah.

Kandungan gizi dan manfaat tahu putih untuk burung

Tahu putih rendah kalori tetapi kaya akan protein, disamping itu masih banyak juga kandungan mineral yang terdapat di dalam tahu putih antara lain berupa kalsium, zat besi, magnesium, phospor, seng dan juga kalium.

Sedangkan nilai gizi yang terdapat di dalam tahu putih antara lain berupa vitamin A, D, B6, Thiamin, Riboflavin, Niasin dan juga asam folat.

Karena kaya kan vitamni dan mineral, tahu putih baik dan bermanfaat diberikan pada hewan ternak dan juga burung peliharaan seperti burung kicauan.

Lalu bagaimana cara pemberiannya pada burung ?. Cara pemberiannya pada burung tentu berbeda dengan cara pemberian tahu pada manusia, jika manusia biasa digoreng dan dimakan bersama cabai atau sambal kecap. Hehehe

Cara pemberian pada burung bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut ini :

  • Tahu mentah bisa diletakkan di dalam cepuk pakan, dalam potongan utuh karena tahu tergolong lunak dan burung bisa memakannya langsung tanpa kesulitan.
  • Ada juga yang dengan cara dicampurkan dengan pakan racikan buatan, dijadikan sebagai salah satu bahan bakunya.
  • Berikan tahu putih pada jangkrik, kemudian jangkrik dijadikan pakan untuk burung.

Saran cara pemberian tahu putih


  • Berikan tahu yang masih baru dan bersih pada burung, jangan gunakan tahu yang sudah basi dan mengandung banyak lendir di permukaannya.
  • Sebelum pemberian pada burung, tahu bisa dicuci dengan air hangat kemudian dipotong kecil-kecil sesuai kapasitas dan kemampuan makan pada burung.
  • Lebih baik gunakan tahu hanya pada hari itu saja, jangan gunakan tahu melebihi satu hari karena akan basi dan mengeluarkan aroma kecut yang kurang sedap.

Demikian, manfaat dan cara pemberian pakan tahu putih untuk burung peliharaan di rumah. Tahu putih hanya sebagai pakan tambahan alternatif dan bukan merupakan pakan wajib atau utama.

Semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top