Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Burung madu, burung kecil dengan cirri paruh kecil runcing di ujung untuk mencari pakan madu-maduan atau nectar di bunga-bunga memiliki puluhan jenis spesies di Indonesia. 
Di pasaran atau kalangan penghobi, burung madu biasa disebut burung kolibri meskipun hal tersebut kurang pas tepat. Burung kolibri hanya ada di amerika serikat saja, yaitu jenis burung dari kelompok hummingbird.

Burung madu lebih tepat jika disebut burung nectarinidae, atau burung pemangsa nectar di pepohonan. Penyebaran burung madu atau biasa disebut kolibri, meskipun kurang tepat memiliki wilaya penyebaran di kawasan asia mulai dari Tiongkok, Asia Tenggara dan Asia Tengah. Burung kecil dengan paruh runcing ini sangat eksotik jika sedang terbang mengambil nectar di bunga-bungaan, terbang dengan posisi diam di tempat namun tidak terjatuh disebut hovering. Selain nectar, burung madu juga menyukai pakan berupa serangga kecil-kecil di dedaunan seperti lalat daun.
Dari atas, kolibri kelapa, kolibri muncang, kolibri jawa dan kolibri ninja
Burung madu sendiri di Indonesia terdapat banyak jenisnya, karena merupakan burung endemik dan mendekati kepunahan maka sebenarnya burung madu masuk dalam daftar burung yang dilindungi. 

Beberapa jenis burung madu yang ada di Indonesia, tersebut di bawah ini :

  • Burung madu hitam dengan nama latin Leptocoma sericea : asal habitat Sulawesi, Maluku dan Papua.
  • Burung madu sangihe memiliki nama latin Aethopyga duyvenbodei, merupakan burung endemik P. Sulawesi.
  • Burung madu gunung memiliki nama latin Aethopygia eximia, merupakan burung madu ednemik Pulau Jawa.
  • Burung madu jawa bernama latin Aethpyga mystacalis,  juga masih merupakan burung endemic Pulau Jawa.
Burung madu asli Indonesia rata-rata merupakan burung jenis endemik atau burung asli sebuah pulau, misal burung madu Matari yang memiliki nama latin Cinnyris solaris merupakan burung madu asli pulau Nusa Tenggara Timur.

Untuk membedakan jenis kelamin pada burung madu atau biasa disebut kolibri tidak lah sulit, karena burung betina memiliki bulu yang lebih kusam dan tidak mengkilap seperti hal burung jantan dengan bulu metalik dan mengkilap.
Jantan dan betina burung madu

Merupakan burung dilindungi

Berdasarkan peraturan pemerintah No. 7 Tahun 1999 ternyata burung jenis Nectarinidae merupakan jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah. Karena merupakan burung yang dilindungi, kicau193 menghimbau pada Sobat kicau mania untuk mengkurangi eksploitasi burung maduan karena jika sudah ada paying hokum dari pemerintah bisa jadi ketika kita kedapatan memelihara atau menangkap burung madu maka akan berurusan dengan hukum.

Pemerintah member perlindungan pada burung madu karena perannya yang sangat vital dalam proses penyerbukan alami terhadap tanaman di hutan dan perkebunan.

Namun sepertinya peraturan pemerintah tentang burung madu belum banyak diketahui oleh penyuka maupun pemburu burung madu, kenyataannya di pasar-pasar burung dengan mudah kita dapati burung madu bakalan muda maupun tangkapan hutan yang dijual bervariasi dengan harga sekitar 100 s/d 130rb tiap ekornya.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top