Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Merawat burung trucukan supaya bisa rajin bunyi rasanya tidak terlalu rumit dan tidak jauh berbeda juga dari burung cucak-cucakan lainnya seperti Kutilang, Cucak Jenggot atau Cucak Hijau.
Trucukan atau crocokan cukup banyak digemari karena harga dan cara perawatan hariannya yang relatif mudah dan murah. Rasanya dari jenis burung cucak-cucakan, burung Trucukan bernasib lebih baik dibandingkan dengan burung Kutilang yang cenderung kurang disukai oleh kicau mania karena dianggap merusak suara burung lain.

crocokan, trucukan
Burung jog-jog atau Trucukan
Trucukan memang memiliki suara dan kicauan yang unik dan khas, selain keras dan tajam. Suara kicauan trucukan ketika sedang ngeroll juga mirip suara burung Cucak rowo. Karena suara ropellan trucukan yang hampir mirip suara Cucak rowo, menjadikan trucukan banyak dicari untuk digunakan sebagai pemancing Cucak rowo bersuara ngeropell.

Biasanya trucukan jika sudah ngropell, rajin berkicau dan sudah mau ngaruda, maka harga burung trucukan tersebut bisa mahal dan tinggi. Pada artikel ini, kicau193 mencoba berbagi cara supaya burung trucukan lebih rajin berkicau, resep ini didapat dari blog agrobur.com, berikut ini resepnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat racikan pakan trucukan.


  • Apel segar ½ buah saja.
  • Kroto bersih, 2 sendok makan.

Cara membuatnya.


  1. Parut apel hingga lembut, peras parutan apel hingga airnya hilang.
  2. Gunakan ampas parutan apel dengan cara dicampur dengan kroto bersih, kemudian aduk hingga merata.
  3. Berikan secukupnya pada burung, sisanya bisa disimpan di dalam lemari pendingin untuk esoknya hingga habis.

Pakan racikan model seperti ini sering digunakan juga pada Pleci, Tledekan dan burung lainnya. Hasilnya banyak yang cocok dan berhasil.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top