Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Meskipun popularitas burung tledekan beberapa waktu ini kian meredup, namun penggemar burung tledekan rasanya tidak surut dan tetap saja banyak. Terbukti dari beberapa kios burung yang admin kicau193 sambangi, harga tledekan bahan tangkapan hutan masih berkisar pada harga Rp. 250.000,- s/d Rp. 300.000,-.

Harga tersebut memang dirasa masih cukup bagus bagi penjual burung dan mahal bagi calon pembeli burung bahan/bakalan...he3x..ya dirasa mahal karena burung tledekan termasuk kecil, dengan ukuran sebesar burung Ciblek saja namun harga bahannya termasuk mahal. 
tledekan
Tledekan atau ada yang menyebutnya Longa-longo
Jika Anda kebetulan ingin dan berencana membeli Tledekan bakalan di penjual burung, maka harga tersebut dapat Anda jadikan patokan sebelum membelinya. Namun ada hal lain yang lebih penting selain harga Tledekan bakalan, selain harga kita juga perlu mengetahui cara perawatan tledekan bakalan supaya rajin bunyi dan gacor sehingga tidak sia-sia membeli burung tledekan.

Berikut ini tips perawatan tledekan bakalan agar mau rajin berbunyi, pertama-tama sebelum pada perawatan harian, akan lebih baik jika burung dilatih dengan lingkungan barunya dan juga dilatih makan voer.


Dan perawatan selanjutnya setelah Tledekan mau makan voer adalah sebagai berikut ini.

  1. Rutin mandikan burung pada pagi hari, waktu yang tepat biasanya berkisar antara pukul 06:30 s/d 07:00, memandikan bisa dibiarkan mandi sendiri atau disemprot halus.
  2. Selesai mandi, burung bisa diberikan pakan berupa jangkrik kecil sekitar 2-3 ekor.
  3. Lakukan penjemuran rutin, setelah mandi. Durasi mandi sekitar 2 jam, namun jika panas terlalu panas maka penjemuran diperpendek saja sekitar 30 menit atau 1 jam.
  4. Selesai penjemuran, burung bisa digantang di teras rumah atau lingkungan rumah dengan suasana sejuk dan nyaman, sembari diangin-anginkan burung bisa diberikan kroto sebanyak 1 sdt.
  5. Sore harinya, burung bisa diberikan ulat hongkong sebanyak 3 ekor saja, ulat hongkong lebih baik diberikan dalam kondisi moulting/ganti kulit atau bisa juga UH yang sudah dicelup air hangat untuk mengurangi kadar kitin pada UH.
  6. Menjelang sore hari, burung dapat kembali dikerodong hingga esok pagi harinya.

Dengan perawatan rutin dan terjadwal menurut penghobi tledekan biasanya dalam waktu tidak lama burung akan rajin berbunyi dengan suara nyeklek dan nyulingnya yang khas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top