Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Kicau193 - Daun saga cukup mudah kita dapatkan di sekitar kita, daun saga banyak dimanfaatkan oleh Pleci mania untuk mengobati serak pada burung Pleci.
Selain mengobati serak pada Pleci, daun saga juga bisa digunakan untuk mengobati serak pada burung Kenari, Murai dan juga Kacer serta burung-burung kicauan lainnya pemakan serangga.
daun saga, manfaat daun saga
Daun saga
Tetapi bagaimana cara membuat ramuan daun saga agar bisa digunakan untuk mengobati serak pada burung kicauan. Berikut ini cara membuatnya.

Membuat ramuan daun saga untuk mengobati serak pada Pleci dan Kenari.

  1. Siapkan daun saga bersih kira-kira setengah genggam tangan.
  2. Remas/peras daun saga kemudian masukkan ke dalam air bersih sebanyak 250 ml.
  3. Rebus air bersama daun saga hingga berwarna hijau dan berbau khas daun saga, jangan terlalu lama merebusnya.
  4. Setelah air berbau khas dan berwarna hijau, angkat dan dinginkan rebusan daun saga kemudian setelah dingin air rebusan disaring untuk memisahkan air dan ampasnya.
  5. Air hasil saringan ditambahkan gula pasir, aduk dan ramuan daun saga bisa diberikan pada burung selama kira-kira 4 hari berturut-turut.

Membuat ramuan daun saga untuk burung pemakan serangga seperti Kacer dan Murai.

  1. Remas dan haluskan daun saga kira-kira 10 lembar hingga lembek dan halus.
  2. Ambil dan siapkan jangkrik sekitar 3 atau 4 ekor, kemudian buang bagian isi perutnya untuk diganti dengan daun saga yang sudah dihaluskan.
  3. Masukkan remasan daun saga yang sudah halus ke dalam perut jangkrik hingga penuh.
  4. Berikan jangkrik yang sudah diisi daun saga pada burung yang serak, pagi dan sore selama 4 atau 6 hari berturut-turut.
Demikian Sobat kicau mania yang sedang mengalami serak pada burung kesayangannya, semoga artikel mengobati serak dengan daun saga bisa membantu Sobat KM. Semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top