Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Sobat kicau mania rupanya masih banyak yang belum paham dan tau benar manfaat dari menjemur burung di pagi dan sore hari.
Mungkin selama ini jika Sobat hanya asal menjemur burung kesayangan di pagi hari, alangkah baiknya jika menyimak artikel di bawah ini sehingga mengerti dan mengetahui manfaat menjemur burung di pagi hari.
burung dijemur, pleci dijemur
Pleci sedang dijemur
Sinar matahari selain bisa menghangatkan dan menaikkan suhu tubuh burung, sinar matahari juga memiliki banyak manfaat dan vitamin yang baik bagi makluk hidup di bumi seperti Manusia, Hewan dan Tumbuhan lainnya.
memaster burung
Ada juga kicau mania yang menjemur burung sambil memaster
Hangatnya sinar matahari juga bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan burung kicauan, selain kesehatan burung, sinar matahari juga bisa menaikkan performa dan tingkah laku burung ketika sedang dijemur. Untuk lebih detailnya, berikut ini beberapa manfaat sinar matahari saat penjemuran burung.
  • Hangat dan panasnya sinar matahari bisa mengurangi dan membunuh jamur, mikroba yang bisa mengganggu kesehatan burung. Mikroba dan jamur-jamur bisa saja menempel pada bulu burung dan bagian sangkar burung, oleh karena itu penjemuran burung bisa meminimalisir burung terserang mikroba, jamur maupun parasit pada bulu maupun sangkar burung. Biasanya burung ketika dijemur tampak rebahan sambil memekarkan bulu yang bertujuan supaya rasa hangat bisa menembus kulit burung.
  • Menjemur burung di pagi hari juga mampu menyembuhkan burung yang sedang stress atau macet bunyi.
  • Menurut ahli kesehatan, sinar matahari pada pagi hari bisa mengurai dan mensintesa vitamin D dalam tubuh makluk hidup seperti burung. Vit D bisa membantu penyerapan kalsium yang memperkuat tulang burung tentunya.
  • Dengan penjemuran, burung terkena sinar matahari menjadikan burung memiliki kekebalan tubuh yang lebih, sehingga setelah penjemuran tampak burung lebih aktif dan bersemangat.
  • Melalui hangat dan panasnya sinar matahari saat penjemuran, burung bisa juga menurunkan kegemukan karena metabolisme dalam tubuh akan lebih meningkat dengan stimulasi tiroid.
Meskipun panas matahari dan penjemuran baik bagi burung, namun penjemuran dan meletakkan sangkar burung di bawah matahari yang berlebihan tidak dianjurkan karena ada beberapa burung yang tidak tahan lama terhadap paparan sinar matahari.

Adapun penjemuran yang paling baik dan diperkenankan yaitu mulai dari pengembunan pagi hari hingga pukul 10 atau 11 saja, setiap harinya. Demikian Sobat kicau mania dimanapun berada, semoga artikel ini bermanfaat.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top