Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung

Membawa burung Pleci untuk dibawa ke perlombaan memang tidak bisa asal bawa dan diikutkan perlombaan, kita harus memastikan burung benar-benar sudah siap secara kualitas dan juga mentalnya.
Pleci mania pemain lomba biasanya berani membawa burung untuk perlombaan jika burung sudah siap secara mental, Pleci yang mentalnya sudah mapan biasanya sudah berusia lebih dari 1 tahun dalam perawatan.
lomba pleci
Suasana lomba Pleci
Burung dalam usia di kandang lebih dari 1 tahun, biasanya sudah dewasa dan sudah mapan, ditandai dengan kebiasaan burung yang sering ngalas dan ngeroll meskipun dipindah-pindah cantelan sangkarnya. Namun memang meskipun ketika di rumah, burung sudah ngeroll dan ngalas terus, belum tentu ketika di atas gantangan juga akan demikian. Problem tersebut sering sekali terjadi pada burung Pleci ketika dibawa di sebuah Latber atau Latpres.

Untuk itu jika Anda ingin menjadikan dan melatih Pleci kesayangan Anda untuk perlombaan, caranya bisa dimulai dengan mengkondisikan cantelan sangkar seperti di gantangan lomba. Buatlah gantangan dengan ketinggian seperti di perlombaan. Coba cantel/gantang sangkar pada gantangan simulasi lomba tersebut, jika burung tetap ngalas dan ngeroll di atas gantangan simulasi tersebut, biarkan saja terlebih dahulu dan kemudian sangkar bisa kita dekati di bawahnya.
mandi malam untuk pleci
Mandi malam untuk Pleci menjelang lomba
Perhatikan reaksi burung yang sedang ngalas dan ngerol di atas gantangan simulasi, jika burung berhenti ngalas dan ngerollnya, maka menandakan burung belum siap dibawa ke gantangan lomba karena masih takut jika didekati orang/juri lomba.

Tetapi jika burung tetap melanjutkan ngalas dan ngerolnya tanpa memperdulikan kita yang mendekati sangkarnya, maka menandakan burung sudah mulai memiliki keberanian dan mental ketika berada dalam suasana perlombaan burung yang banyak ditonton orang.

Berteman dengan banyak Pleci mania, menjadikan kita bisa berbagi dan sharing tentang perawatan burung Pleci baik harian maupun menjelang lomba. Demikian juga dengan halnya dengan saya, berikut ini tips perawatan harian dan juga perawatan lomba burung Pleci dari teman-teman Pleci mania yang saya tulis kembali di blog ini.

Perawatan harian Pleci.

  1. Mandi malam rutin dengan menyemprot burung hingga basah, lakukan sekitar pukul 19:00 s/d 21:00 malam.
  2. Selesai mandi malam, tempatkan sangkar di tempat yang terang namun tidak terkena angin langsung sambil diberi Kroto dan Ulat hongkong putih.
  3. Setelah kering, kerodong sangkar hingga paginya saat pengembunan.
  4. Saat matahari mulai muncul, buka kerodong kemudian semprot burung untuk mandi pagi sambil dijemur hingga sekitar pukul 10:00 pagi.
  5. Selesai penjemuran, burung bisa diberi Kroto dan Ulat Hongkong kembali untuk kemudian diangin-anginkan di tempat yang sejuk dan nyaman selama 15 menitan.
Jika selesai penjemuran, burung terus bersuara call diikuti dengan ngalas dan ngeroll tanpa takut kita dekati, maka burung bisa dianggap siap secara mental untuk diikutikan perlombaan. Namun jika burung hanya bersuara call kemudian ngeriwik-iwik saja maka burung belum bisa kita bawa ke perlombaan.

Perawatan Pleci menjelang lomba.

  1. Lakukan mandi malam sebelum esoknya lomba, beri kroto dan ulat hongkong 3 ekor setelah mandi.
  2. Selesai mandi, bulu sudah kering maka sangkar bisa dikerodong hingga esok harinya.
  3. Sampai di lapangan, sebelum digantang, buka kerodong selama 10 atau 30 menitan dan biarkan Pleci berbunyi sesukanya dan kemudian krodong kembali sangkarnya hingga naik lomba.
  4. Ingat, sebelum lomba pastikan sangkar sudah bersih dari sisa-sisa makanan dan juga lepas dan cabut cepuk-cepuk pakan dan minuman ketika perlombaan.
Demikian Sobat Pleci mania, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top