Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Jika Anda kebetulan sedang memiliki rencana membeli burung beo bakalan dan agak kesulitan membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya, mungkin artikel ini bisa Anda jadikan bahan referensi sebelum membeli burung Beo bahan.

Seperti kita ketahui bahwa burung beo merupakan burung yang cerdas dan bisa menirukan aneka macam suara, termasuk mengulang suara kita jika rajin kita latih. 
Membedakan jenis kelamin burung beo
Membedakan jenis kelamin burung beo
Beda halnya dengan burung kicauan lainnya yang biasanya diburu untuk dijadikan burung kicauan di rumah biasanya burung jantan, namun untuk burung beo justru yang dicari beo berjenis kelamin betina karena dipercaya lebih cerewet dibandingkan yang jantan.

Oke, langsung saja kita lihat ciri dan perbedaan burung beo betina dan jantan dilihat dari fisik dan tingkah lakunya.

  1. Dilihat ketika berdiri, biasanya beo betina ketika berdiri kakinya tegak dengan kepala menegadah ke atas dan jika beo jantan lebih banyak menunduk-nuduk karena badanya berat.
  2. Ukuran badan, beo betina memiliki ukuran badan yang cenderung lebih ramping dan kecil.
  3. Bentuk kepala beo, jika burung beo betina biasanya karakter kepalanya kecil, panjang dan bulat dibandingkan yang jantan berkepala besar, kotak/persegi dan rata.
  4. Paruhnya, beo betina berparuh panjang dan kecil/sempit sedangkan beo jantan paruhnya pendek, besar dan lebar.
  5. Jengger beo, beo rasanya memang identik dengan jengger di kedua telinganya. Jika beo betina, jengger pada telingannya berwarna lebih terang dan cerah sedangkan yang jantan berwarna gelap.
  6. Kloaka burung, cara ini rupanya merupakan cara akhir dan paling akurat, jika burung beo betina biasanya berkloaka rata, sedangkan yang jantan jika diraba akan terasa menonjol.

Menurut beberapa sumber yang cukup bisa dipercaya, kita bisa perhatikan pada burung beo muda ketika sangkar dikerodong malam harinya kemudian paginya kita buka, jika jantan maka begitu kerodong dibuka biasanya akan bersuara lirih khas. Sedangkan beo betina ketika kerodong kita buka tidak akan bersuara apapun.

Demikian artikel tentang cara membedakan jenis kelamin burung beo, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi Anda.

Sumber foto : wikipedia.org

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top