Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Memang musim hujan telah berlangsung semenjak bulan November tahun lalu, namun belakangan memasuki awal bulan Februari ini intensitas curah hujan cenderung lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Memasuki awal bulan Februari 2016, curah hujan tergolong tinggi. Hampir setiap hari dari pagi hari hingga sore atau malam selalu hujan dan matahari lebih sering bersembunyi dibalik mendung yang tebal.

Seperti kita ketahui, bahwa perawatan harian seekor burung pasti tidak akan lepas dari penjemuran. Demikian halnya dengan burung Pleci, penjemuran sangat menentukan terhadap performa dan kesehatan burung Pleci. Jika sedang memasuki musim-musim hujan seperti ini tentu kita harus merubah pola perawatan harian pada burung Pleci kesayangan kita.

Perubahan pola perawatan Pleci  pada musim hujan dirasa penting mengingat kita harus menyesuaikan kondisi cuaca dengan kondisi performa burung supaya tetap sehat dan tidak sampai sakit karena hujan dan cuaca yang selalu dingin. Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam perawatan Pleci pada musim hujan ?. Berikut ini lima faktor yang perlu Anda perhatikan untuk merawat Pleci pada musim hujan. 

Lima faktor dalam merawat Pleci pada musim hujan.

Penempatan sangkar.

Tempatkan sangkar Pleci di dalam rumah yang aman dan nyaman, pastikan sangkar digantung di tempat yang tidak bocor dan tidak terkena angin langsung. Bila perlu dan mencukupi, sangkar lebih baik full kerodong setiap sore hingga pagi harinya untuk menjaga kehangatan burung di dalam sangkarnya.

Pakan untuk Pleci.

Cek voer pakan kering di dalam cepuknya, pastika voer tidak rusak karena terkena tetesan air hujan. Biasanya jika kita ceroboh, voer akan mengumpal dan menjamur akibat terkena tetesan air hujan.

Berikan pakan EF berupa UH atau Ulat kandang dalam porsi yang lebih banyak dari hari-hari biasa, hal tersebut untuk lebih melengkapi kebutuhan nutrisi hewani untuk burung.

Mandi burung Pleci.

Untuk mandi burung Pleci, lebih baik jangan terlalu dipaksakan mandi jika curah hujan sedang tinggi-tingginya. Lebih baik Sobat sediakan saja air bersih dalam cepuk yang selalu terkontrol dan diganti.

Pleci jika sedang ingin mandi sendiri, biasanya ketika hujan dan melihat air dalam cepuknya bersih burung akan mandi dengan sendirinya.

Penjemuran.

Penjemuran merupakan problem utama disaat musim-musim penghujan seperti saat ini, cara penjemuran burung jika curah hujan sedang tinggi bisa Sobat lakukan jika matahari sedang terlihat bersinar.

Saat itulah bisa cepat-cepat Sobat lakukan penjemuran meskipun panas hanya berlangsung 1 atau 2 jam saja, segera jemur secukupnya dan masukkan kembali burung ke dalam rumah ketika mendung mulai terlihat muncul lagi.

Kebersihan sangkarnya.

Udara yang lembab dan basah sangat berpotensi mempercepat tumbuhnya jamur, kotoran yang berada di dasar sangkar jika dibiarkan berhari-hari dalam cuaca yang lembab dan basah seperti saat ini akan berpotensi menjadi jamur di dalam sangkar.

Jamur jika dibiarkan akan cukup berbahaya bagi kesehatan burung di dalam sangkar, jadi rutin setiap pagi membersihkan kotoran di dasar sangkar akan lebih baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan sangkar pada musim hujan.

Lima tips dan pola perawatan burung Pleci pada musim hujan tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber dan ditulis ulang di blog kicau193 ini, semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi Sobat kicau mania dan Pleci mania di tanah air. Salam

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top