Tips

Berita

Hewan

Kesehatan

Hobby

Makanan Burung


Harus kita syukuri juga, awal bulan november ini kita sudah mulai memasuki awal musim penghujan setelah kurang lebih merasakan musim kemarau yang cukup panjang selama 7 bulanan lamanya.
Menjelang musim penghujan biasanya kita juga akan sedikit merubah perawatan burung kicauan milik kita terutama terkait dengan perawatan penjemuran dan pakan. 


Burung lebih banyak diam pada musim penghujan
Biasanya pada musim penghujan yang identik dengan udara dingin dan berair, stamina dan kondisi burung akan mengalami penurunan dan kondisi. Burung akan terlihat banyak menghangatkan tubuh dengan cara mengembangkan bulu-bulunya dan juga menjadi berkurang bunyinya. 

Untuk itu, kicau193 akan berbagi tips cara merawat burung pada musim penghujan, artikel tersebut admin tulis dan kumpulkan dari berbagai sumber yang cukup terpercaya. Berikut ini tipnya.


  1. Manfaatkan ketika ada panas meskipun sebentar untuk menjemur burung, meskipun hujan dan mendung tetapi panas matahari pasti akan muncul meskipun sebentar. Manfaatkan waktu tersebut untuk menjemur burung meskipun hanya 30 atau 60 menit saja, namun hal tersebut akan bermanfaat menghangatkan burung setelah kedinginan karena hujan.
  2. Memberi jahe pada burung, hal tersebut rupanya sudah biasa dan sering dilakukan oleh kicau mania. Jahe biasanya dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dalam voer atau dimasukkan ke dalam perut jangkrik yang akan diberikan pada burung.
  3. Penambahan porsi ulat hongkong, pakan EF ulat hongkong yang dipercaya memiliki efek hangat/panas pada burung dianggap mampu membantu burung menghangatkan tubuhnya akibat musim hujan. Biasanya kicau mania akan menambah porsi UH yang diberikan pada burung agar kondisi tubuh burung tetap hangat meskipun kurang penjemuran.
  4. Mengkondisikan burung agar hangat, mengkondisikan burung agar tetap hangat di musim penghujan dapat dilakukan dengan bantuan lampu penghangat atau bisa juga dengan memberikan kerodong pada sangkar burung agar burung tidak terpapar langsung oleh dinginya udara pada musim hujan.
  5. Menambahkan vitamin burung, musim penghujan merupakan musim yang cukup rawan terhadap serangan berbagai penyakit seperti flu dll. Menambahkan vitamin pada burung juga bisa membantu burung dalam kondisi yang lebih terjaga kesehatannya dan bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Demikian, sedikit tips mengenai perawatan burung ketika musim hujan tiba..semoga bermanfaat.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top